Headlines News :
Home » » Kelaparan Ancam Yaman

Kelaparan Ancam Yaman

Situasi Yaman yang sedang tidak stabil, berimbas mulai menyengsarakan rakyatnya. Menurut tujuh badan bantuan kemanusiaan, saat ini sekitar 44 persen rakyat Yaman mengalami gizi buruk akibat tidak mampu membeli makanan.

"Keluarga-keluarga Yaman saat ini sedang terengah-engah mencari jalan keluar untuk menghadapi krisis ini," kata Penny Lawrence Direktur Internasional Oxfam, diberitakan BBC, Selasa 22 Mei 2012. Banyak ibu di Yaman, lanjutnya, yang memaksa anak mereka untuk mengemis di jalan supaya bisa mendapat uang.

Badan bantuan internasional seperti CARE, International Medical Corps, Islamic Relief, Merlin, Mercy Corps, Oxfam and Save The Children mengatakan, fokus mereka saat ini adalah meringankan kemiskinan serta kelaparan di Yaman.

Kedua masalah tersebut bertambah parah sejak 2009, seiring dengan melambungnya harga pangan dan bahan bakar. Sebenarnya makanan masih banyak tersedia di pasar-pasar Yaman, namun banyak keluarga yang tidak memiliki cukup uang untuk dapat membelinya.

"Yaman akan dilanda bencana kelaparan yang serius kecuali dibantu aksi kemanusiaan," kata Jerry Farrell, Direktur Save The Children cabang Yaman. Menurutnya, anak-anaklah yang paling menderita dalam hal ini.

Berdasarkan perkiraan PBB, sedikitnya 267 ribu anak-anak Yaman atau sepertiga dari jumlah keseluruhan menderita gizi buruk. Bahkan, badan kemanusiaannya saat ini kekurangan dana bantuan sebesar US$262 juta atau sekitar Rp2,4 triliun. (eh)

© VIVAnews

Published with Blogger-droid v2.0.4
Share this post :
BACA PANDUAN BERKOMENTAR JIKA ANDA KESULITAN DALAM MEMPOSTING KOMENTAR ANDA

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Romes Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger